March 9, 2013

Cara Mengurangi Berat Sebuah Blog




Halo sob...

Kali ini saya mau membahas mengenai bagaimana cara mengurangi berat blog. Ya, setelah sebelumnya saya share mengenai cara mengetahui kecepatan loading blog kali ini adalah bagaimana menguranginya apabila ukuran dari blog terlalu besar.

Tutorial ini sendiri saya buat terinspirasi dari komentar salah seorang pengunjung blog ini yang mengatakan bahwa blog saya ini terlalu berat. Memang ukuran blog saya ini lebih besar dari ideal nya ukuran sebuah blog yang berada antara 100 - 120 KB. Hanya, berhubung saya males obrak abrik template atau menghilangkan banyak widget, maka saya hanya mengurangi seperlunya saja...

Cara yang dapat dilakukan oleh temen-temen antara lain dengan mengurangi widget-widget yang dirasa tidak terlalu dibutuhkan dan mengganti template blog. Selain dengan cara tersebut juga temen-temen bisa gunakan alternatif lainnya, yaitu dengan menggunakan HTML optimizer namun penggunaan cara ini tidak berdampak secara signifikan karena hanya mengurangi sedikit berat blog.

Untuk menggunakan HTML optimizer silahkan gunakan tool dibawah ini. Sedangkan caranya adalah :

1. Login dulu ke blogger.


2. Pilih Template - Edit HTML dan centang "Expand Template Widget".


3. Kemudian cari dan copy semua kode yang berada diantara <body> dan </body>.

4. Pastekan ke dalam tool dibawah dan klik Optimize.

5. Setelah selesai, maka copy kode hasil optimasi tadi dan replace ke kode awal sebelum optimasi.

6. Untuk berjaga-jaga, silahkan klik Pratinjau apabila tidak ada masalah, maka Simpan Template.

7. Untuk mengecek apakah sudah berkurang atau belum ukuran blog nya silahkan  tes lagi kecepatan loading blog temen-temen.

7. Enjoy.


Insert HTML Code to Optimize
Powered by: WebToolHub.com

6 comments

  1. Bole saya coba khan? Blog saya berat euy..

    ReplyDelete
  2. mksih info.y gan..
    salam knal jga yah, by Adam
    ^_^,

    ReplyDelete
  3. Gan, kalau sudah dioptimasi apakah bisa di kutak kutik lagi ?
    Kira kira ada tidak efek buruk terhadap template kita ?
    Di atas tertulis 'tidak berdampak signifikan', kalau untuk yang dampaknya lebih bagus apa ya gan ?
    Maaf gan saya masih newbie jadi banyak bertanya (tidak ada maksud spamming loh gan)
    Terimakasih atas informasinya gan, salam kenal dan salam blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. ^_^ tidak apa sob, sama-sama belajar...kalo untuk diutak atik tentu masih bisa, hanya saja optimasi html seperti pada postingan ini akan membuat template menjadi berantakan, dan akan lebih sulit untuk diutak-atik, karena pada dasarnya optimasi html ini salah satu nya adalah menghapus "spasi-spasi" pada template dan sebenarnya optimasi seperti ini tidak berdampak signifikan, dalam arti hanya akan sedikit mengurangi berat blog saja.
      Cara yg lebih efektif adalah menggunakan css sprite, minify javascript, mengurangi banyaknya pemanggilan http dari pihak ketiga (ex:penggunaan like box, fb), serta meletakkan script diatas </body> bukan diatas </head>
      Lebih lengkap lagi agan bisa cek di https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights disitu akan terlihat apa yang menjadi prioritas untuk mengoptimasi blog nya sobat...

      Delete