February 23, 2013

Cara Membuat Kotak Peringatan Pada Postingan Blog

Pagi sob...



Pada kesempatan yang berbahagia ini saya mau share cara membuat kotak peringatan dibawah postingan blog.

Loh kotak peringatan apa gan?? ada ada aja nih, memangnya obat ada peringatannya??? hehehehe Ga sob, ini kotak peringatan atau bisa juga dibilang pemberitahuan kepada pembaca khususnya buat yang mau copy paste artikel kita agar tidak lupa mencantumkan link sumber. Nah ini adalah contohnya sob :



Kalo sebelumnya saya share gimana cara menampilkan link sumber secara otomatis pada saat artikel kita di copas, maka ini dapat menjadi tambahan biar para pembaca lebih ingat untuk tidak lupa menyertakan link sumber hasil copas nya...

Ok langsung aja sob kita ujian praktek nya  :

1. Login dulu ke blogger.



2. Pilih Template - Edit HTML.



3. Cari kode ]]></b:skin> (gunakan CTRL+F biar cepet) dan taruh kode berikut setelah kode ]]></b:skin> tadi.

.permalinkblogspot{border:0px solid #EFF0F1; padding:5px; background:#fff; -moz-border-radius:5px}
.permalinkblogspot a{background:none}
img.float-right{margin:5px 0px 0 10px}
img.float-left{margin:5px 10px 0 0px}

4. Selanjutnya cari kode <data:post.body/> apabila ada lebih dari satu, maka pilih yang kedua.

5. Letakkan kode berikut setelah kode <data:post.body/> tersebut.

<br/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div class='permalinkblogspot'>
<center>
<div style='border: 1px solid rgb(204, 204, 204); margin: 5px 0px; padding: 5px; width: auto; height: auto; background-color: #FEBFEF; text-align: left;'> <br/><small><div style='text-align: justify;'>Anda sedang membaca artikel Yang Berjudul <strong><u><data:blog.pageName/></u></strong>. Silahkan copy paste jika artikel <strong><data:blog.pageName/></strong> ini menarik dan bermanfaat , namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan <u><a expr:href='data:post.url'><data:blog.pageName/></a></u> sebagai sumbernya.Terimakasih</div></small></div></center></div>
</b:if>

6. Simpan Template.

7. Enjoy.

Keterangan : Apabila ingin merubah warna background maka ganti kode #FEBFEF dengan kode warna lain. Untuk melihat kode warna yang lain dapat dilihat pada artikel mengenai kode HTML warna.

15 comments

  1. sangat bermanfaat, terima kasih gan.., kalau mau buat catatan seperti di atas kotak post komentar ini gimana ya gan?? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. menggunakan kotak pesan komentar gan >> http://aiizahh.blogspot.com/2013/04/modifikasi-kotak-komentar-blog.html

      Delete
  2. www.designrumahterbaik.com saya boleh coba yah... terima kasih

    ReplyDelete
  3. Kunjungan balik lagi nih ,
    Sip , ini yang saya cari nih pleased , makasih nih cheer

    ReplyDelete
  4. boleh dicoba nih... oya follof blogger aku jg y teraskalbu.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Wah sangat berguna sekali postingnya,thank's gan ilmunya

    ReplyDelete
  6. http://wayanaguz.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. Kalo Mau Iklan Blog Saya BErapa gan Ukuran 125px

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://aiizahh.blogspot.com/p/blog-page_12.html

      coba kontak via email dulu gan untuk info lebih lanjut...

      Delete
  8. Wauww gak sengaja ketemu blog ini, sederhana tapi PR 3 kok bisa ya, bagi rahasianya dunk?

    Kunjungan balik ya: ForediSurabaya.net

    ReplyDelete